Sabtu, 14 Mei 2016

Berbagai Manfaat Ayam Kampung Yang Sangat Penting Buat Kesehatan Kita

Manfaat Ayam Kampung Yang Sangat Penting Buat Kesehatan Kita

Manfaat Ayam Kampung – Ayam kampung yang banyak ditemui di daerah pedesaan ataupun  perternakan ayam sangatlah bermanfaat buat kesehatan tubuh kita.

Kandungan gizi yang ada pada daging ayam kampung sangatlah dibutuhkan bagi tubuh kita.Telurnya juga sangatlah bermanfaat untuk menjaga stamina kita, cukup dua butir kita konsumsi dalam sehari sudah bisa membuat tubuh kita lebih bertenaga dalam menghadapi aktivitas sehari – hari.

Disamping itu juga bulu ayam sudah banyak dimanfaatkan juga oleh masyarakat untuk membuat sapu pembersih debu, karena warna – warni dari bulu ayam tersebut sangatlah menarik sehingga membuat bulu ayam tersebut memiliki nilai ekonomis.

Nama Latin atau nama ilmiah ayam kampung adalah Gallus domesticus, jenis peliharaan yang termasuk unggas ini sangatlah lezat rasa dagingnya apalagi dibuat masakan opor ataupun sekedar digoreng.


Ayam kampung ini memiliki beberapa jenis diantaranya adalah Ayam Kedu, Ayam Samba, Ayam Nunukan, Ayam Pelung, Ayam Sumatra, Ayam Belenggek, Ayam Gaok.

Ciri – Ciri dari ayam kampung yang sehat adalah memiliki warna bulu yang mengkilat dan rapi, memiliki jengger yang merah dan tidak keriput, matanya berbinar, pupilnya Nampak bulat, kepalanya terangkat tegak keatas,memiliki sayap yang tidak jatuh dan tersusun rapi tidak pecah, aktif dan tidak memiliki suara yang mendengkur.


Kandungan Gizi pada ayam kampung :


Ayam kampung memiliki berbagai kandungan gizi yang sangatlah berguna untuk tubuh kita di antaranya adalah Kalsium, magnesium, besi, Protein, lemak, kolesterol, fosfor, kalium, natrium, dan beberapa Vitamin seperti Vitamin D, Vitamin K, Vitamin B12, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin B5.



Manfaat Ayam Kampung Bagi Kesehatan Tubuh Kita diantaranya sebagai berikut :




1.    Meningkatkan Pertumbuhan Pada Anak


Kandungan Protein yang ada pada daging ayam kampung sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan anak.

Jadi sangatlah baik jika kita memberikan daging ayam tersebut pada anak, paling tidak satu minggu 2 atau 3 kali sehingga pertumbuhannya bisa menjadi lebih baik.


2.    Sebagai Tambahan Sumber Vitamin Dan Mineral  


Vitamin Dan Mineral sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita , hal ini dikarenakan Vitamin bisa berguna dalam penyerapan kalsium yang sangat berguna untuk tulang kita.

Kandungan Mineral pada Ayam kampung seperti zat besi berguna untuk pembentukkan hemoglobin yang dapat mencegah anemia.


3.    Mengurangi Resiko Terkena Kanker


Mengkonsumsi daging ayam kampung bisa meminimalisir resiko terkena kanker dari pada kita mengkonsumsi daging merah.Hal ini dikarenakan ayam kampung adalah ayam yang di liarkan tanpa harus diberikan antibiotic, hormon, dan obat – obatan lainnya.

Jadi Ayam Kampung hanya mengkonsumsi makanan – makanan alami yang berada dilingkungan alam.


4.    Mendukung Pertumbuhan Otot


Kandungan Protein yang ada pada daging ayam kampung memiliki kualitas yang sangat baik dibandingkan dengan ayam potong.

Kandungan Protein yang ada pada daging ayam tersebut berguna dalam pembentukkan otot – otot tubuh.


5.    Mengatasi Anemia


Anemia bisa kita atasi dengan rutin mengkonsumsi daging ayam kampung, hal ini dikarenakan kandungan dari ayam kampung yang berupa zat besi yang merupakan salah satu mineral yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah.


6.    Membantu Mengurangi Stress


Manfaat lainnya dari mengkonsumsi ayam kampung ini adalah dapat mengurangi stress, kok bisa yach.Hal ini dikarenakan daging ayam kampung mengandung Vitamin B5.

Vitamin ini berfungsi dalam membantu otak menjadi tenang lalu bisa membuat tubuh menjadi relaksasi.


7.    Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Salah satu makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh adalah daging ayam kampung.Kandungan mineral dari ayam kampung ini bisa membantu tubuh kita dalam meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit.

Ayam kampung yang nama latinnya Gallus Domesticus ini ternyata memang memiliki epek kesehatan yang sangat berguna bagi tubuh kita .Jadi saya sarankan agar dalam satu minggu 2 atau 3 kali masakan ayam kampung  selalu ada di meja makan kita.


Hal ini sangat berguna dalam menunjang kesehatan tubuh kita seperti meningkatkan sistem imun tubuh, Membantu mengurangi stress, Mengatasi anemia, Membantu pertumbuhan otot, Membantu pertumbuhan tulang, dan sebagai tambahan vitamin dan mineral.

Demikianlah artikel ini dibuat saya berharap artikel ini bisa membantu dan menjadi sumber ilmu pengetahuan baut kita semua.amin


0 komentar

Posting Komentar